Tuhan Lebih Tahu Masa Depan Kita

Sahabat-sahabat yang dikasihi Tuhan, Apakah Anda percaya kalau Tuhan lebih tahu masa depan kita dari pada kita sendiri? Dan apakah Anda percaya kalau Tuhan lebih tahu apa yang kita perlukan dari pada kita sendiri? Kalau Anda percaya hal ini, hidup kita tidak akan banyak kekhawatiran dan di tengah-tengah usaha kita, kita akan tetap berserah diri kepada Tuhan, karena kita tahu Tuhan lebih mengerti akan masa depan kita dan Dia lebih Tahu akan apa yang kita perlukan.

Beberapa perikopa berikut ini menyatakan bahwa Tuhan Yesus lebih mengerti akan masa depan kita, Ia tahu apa yang sudah terjadi dan yang akan terjadi dengan kehidupan kita:

Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” (Yohanes 1:46-50). Natanael percaya kepada Tuhan Yesus karena Yesus mengatakan “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Padahal Yesus belum ketemu Natanael dan apa yang dikatakan Yesus benar, maka Natanael Percaya.

“Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.” (Matius 20:19). Sabda Yesus ini juga terjadi.

Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, panggillah suamimu dan datang ke sini.” Kata perempuan itu: “Aku tidak mempunyai suami.” Kata Yesus kepadanya: “Tepat katamu, bahwa engkau tidak mempunyai suami, sebab engkau sudah mempunyai lima suami dan yang ada sekarang padamu, bukanlah suamimu. Dalam hal ini engkau berkata benar.” Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi”. (Yohanes 4:16-19). Yesus tahu apa yang sudah terjadi pada perempuan Samaria ini, padahal Ia baru saja bejumpa dengan dia saat itu. Perempuan Samaria ini menjadi percaya kepada Yesus karena yang dikatakan-Nya benar.

Sahabat-sahabat yang dikasihi Tuhan, masih banyak teks-teks lain yang menunjukkan bahwa Tuhan Yesus lebih tahu akan masa depan kita, Ia juga tahu apa yang sudah terjadi dengan hidup kita. Semoga kita semakin percaya kepada Dia. Kita semakin mampu berserah diri kepada Dia, Karena Tuhan lebih tahu akan masa depan kita, tahu apa yang akan terjadi dan Tuhan lebih tahu apa yang kita perlukan. Yang pasti kehendak Tuhan atas diri kita selalu baik.

Doa
Tuhan Yesus, Engkau lebih tahu akan masa depan kami, Engkau juga lebih mengerti akan apa yang kami perlukan dari pada apa yang kami mengerti. Sekarang aku mau belajar berserah diri kepada-Mu, sambil berusaha sebaik-baiknya. Karena Engkau juga mengusahakan yang terbaik untuk hidupku dan kebahagiaanku. Amin

Rm. Mateus Wahyudi, MSF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *