Belajar Percaya (1)

Sahabat-sahabat yang di kasihi Tuhan. Renungan saya sebelumnya menjawab pertanyaan bagaimana harus hidup? dan jawaban dari pertanyaan itu ada dua hal yaitu percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita (1 Yoh 3: 23-24)
Saat ini saya mengajak untuk melihat Sabda Bapa dan Sabda Yesus sendiri yang mengajak kita untuk percaya kepada Dia.

  • Yoh 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”
  • Yoh 3:35-36 “Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”
  • Yoh 5:24 “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.”
  • Yoh 6:28-29 “Lalu kata mereka kepada-Nya: “Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” Jawab Yesus kepada mereka: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”
  • Yoh 6:40 “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”
  • Yoh 11:25-26 Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”
  • Yoh 14:1-3 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.”

Tujuan dari hidup kita adalah beroleh hidup yang kekal bahagia di surga. Dan jawaban dari itu semua adalah dengan percaya kepada Yesus. Kita semua memang belum pernah melihat surga. Tetapi Yesus meyakinkan kita supaya jangan gelisah hati kita “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku”.

Apakah kita akan sampai ke sana sekalipun kita belum tahu tempatnya? Jawabannya adalah Pasti sampai, karena Yesus sendiri tahu persis tempatnya bahkan Ia sendiri telah menyediakan tempat bagi kita sebelum kita sampai sana “Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu”. Bahkan bukan hanya menyediakan tempatnya, Yesus juga akan datang kembali dan membawa kita ke tempat itu “Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada”. Kata “membawa” berarti kita tidak mencari sendiri tetapi kita bersama Yesus, jadi ada jaminan sampai di sana bagi orang yang percaya Pada Yesus. “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh 14:6)

Doa.
Tuhan Yesus tambahkan iman kepada kami, agar kami mulai belajar percaya pada Sabda-Mu. Terima kasih atas Sabda-Mu yang meyakinkan kami supaya kami jangan gelisah. Terima kasih atas jaminan hidup kekal yang Engkau janjikan. Terima kasih karena Engkau rela menjadi jalan bagi keselamatan kami. Dan terima kasih karena Engkau tidak membiarkan kami berjalan sendiri mencari keselamatan tetapi Engkau akan membawa kami sapai pada tempat keselamatan itu. Terima kasih Yesus, Engkaulah Andalanku. Amin

(Rm. M. Wahyudi, MSF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *